Selamat Datang di web Prodi Pemikiran Politik Islam - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pemikiran Politik Islam

Gerbang Pengembangan Islam Terapan (Humanity, Applicability, Productivity)

ENAM TIPS CEPAT MENGERJAKAN SKRIPSI ALA ALUMNI PRODI PPI

Blog Single

Kudus, 12 Juni 2024.Mengerjakan skripsi kadang bagi sebagian besar mahasiswa masih menjadi momok yang menakutkan, tapi bagi sebagian mahasiswa skripsi merupakan hal biasa yang dengan mudah bisa terlewati. Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam sendiri juga sudah mengeluarkan kebijakan baru bila jurnal minimal sinta 4 dan laporan MBKM bisa menjadi pengganti skripsi.

Melalui postingan di cerita instagramnya, Sandi Rakhmawati, Alumni Prodi PPI Angkatan 2018 yang sudah lulus Tahun 2022 yang lalu mengungkapkan setidaknya ada 6 tips bagaimana cara mudah mengerjakan skripsi, berikut kiat-kiat menurut Sandi.

Pertama, jangan ditunda-tunda.  Setiap ada waktu manfaatkan waktu untuk mengerjakan skripsi. Memang harus selalu meluangkan waktu untuk mengerjakan skripsi, kosongkan sehari dalam seminggu atau manfaatkan waktu kosong, malam, atau disela-sela waktu untuk benar-benar fokus.

Kedua,  cari banyak masukan. Masukan dari dosen pembimbing biasanya terbatas karena kesibukan dan waktu. Jadi banyakin diskusi dengan teman atau kakak tingkat atau yang lainnya.

Ketiga, jangan malas cari referensi. Kadang kita tidak mau susah cari referensi. Nah upayakan kalian harus rajin baca-baca banyak referensi dari perpustakaan, atau portal-portal jurnal yang sudah banyak beredar.

Keempat, mengerjakan bareng teman. Biar tidak cepat bosen, mengerjakan bareng teman bisa jadi alternatif dan motivasi tersendiri bagi kita untuk segera selesai.

Kelima, cari suasana baru. Suasana baru bisa memberi energi baru, saya senang mengerjakan skripsi pindah-pindah, mulai dari cafe, perpustakaan, kos-kosan teman dan lain sebagainya.

Keenam, Enjoy. Saya bingung saat ditanya teman-teman bagaimana tips nya mengerjakan skripsi dengan cepat, kuncinya enjoy dan nikmati setiap prosesnya. Jangan jadikan beban, kalau sedang capek atau bosen istrirahat dulu. Kalau tidak mood jangan dipaksa, bisa diselingi main game atau apa yang buat diri kita bahagia,

Nah diatas merupakan tips-tips cara cepat mengerjakan skripsi ala alumni Prodi Pemikiran Politik Islam. (rofiq addians)

Share this Post: